Komunitas Cinta Kain Nusantara Berhasrat Lestarikan Kebaya Sebagai Kekayaan Indonesia



YOGYAKARTA - Perempuan beraktivitas berbusana kebaya sekarang umum dimana-mana, di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta, pemandangan ini sudah menjadi budaya bahkan beberapa komunitas sudah mentradisikan menggunakan kebaya pada hari tertentu.

Di Yogyakarta sebuah komunitas yang mencintai kain nusantara membentuk Komunitas Cinta Kain Nusantara (KCKN) bertujuan melestarikan kebaya dan kain nusantara sebagai kekayaan budaya Indonesia.

"KCKN terbentuk dari keinginan saya dan teman-teman yang mencintai kain nusantara, waktu itu di bulan September 2019 kami berhasrat agar kebaya dan kain nusantara dapat dijadikan sebagai kekayaan budaya Indonesia serta dilestarikan, sehingga bersama berbagai komunitas lain kami sehati membentuk komunitas ini, awalnya bernama Paguyuban Kain Nusantara, tapi sekarang kami sebut Komunitas Cinta Kain Nusantara," kata Delan Mio, Ketua KCKN melalui surat elektonik, Jakarta, Kamis, (4/10).

Selain itu KCKN juga  ingin memberdayakan kain nusantara yang di produksi oleh para pengrajin yang di desa dan daerah.

"Setelah berkunjung kedaerah pengrajin kain kami sangat ingin membantu mereka untuk bisa memberdayakan hasil produksi mereka, selain itu kami juga aktif menggunakan produksi mereka dalam berbagai aktifitas kami sehari-hari baik ketika cuma sekedar arisan, meeting atau pertemuan resmi lainnya," ujarnya.

KCKN kini anggotanya sudah berjumlah 95 orang, komunitas ini aktif mengisi berbagai kegiatan kesenian juga menari di berbagai acara seremonial di kota Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Comments