Mancing Bersama Gratis dan Berburu Unggas di Taman Glugut




BANTUL - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Taman Glugut Bantul mengadakan berbagai acara untuk mendatangkan banyak pengunjung. Di antaranya kegitan mancing bersama gratis pada Selasa (15/5) serta acara 'Padusan' dengan lomba menangkap para unggas yakni bebek dan menthok pada (16/5).

Taman Glugut terletak di Dusun Wonokromo 1, RT 02, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Taman ini terletak tepat di pertemuan sungai Opak dan sungai Belik. 

Taman ini banyak terdapat berbagai jenis bambu. Kata Glugut sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti serbuk yang terdapat di bambu yang bila terkena kulit manusia akan terasa gatal-gatal. 

Acara mancing bersama gratis di Taman Glugut diadakan pada Selasa Malam (15/5), lokasinya tepatnya di Sungai Balik. Panitia memasukkan 2,5 ton ikan lele ke dalam sungai yang sudah dipagari semacam jaring di kedua sisinya, sehingga ikan lele tidak akan keluar dari lokasi pemancingan. 

Acara dilaksanakan sehabis maghrib hingga pemancing bosan memancing atau tidak ditentukan waktunya. Malam itu, pemancing dari berbagai daerah menyerbu lokasi pemancingan. 

"Tujuannya untuk menyambut Ramadan. Lelenya banyaknya 2,5 kuintal dari donatur perorangan," ujar Asep Taufik, Sekretaris Pokdarwis Taman Glugut kepada SERUJI di Bantul.

Dia berharap, kedepannya mancing bareng tersebut bisa dilaksanakan kembali dengan lebih baik lagi. 

"Peserta mancing bersamanya di melebihi target, di luar dugaan kami sehingga lokasi penuh dengan pemancing, bahkan banyak yang tidak dapat tempat," kata Asep. 

Pada Rabu (16/5) di taman tersebut diadakan acara Padusan atau mandi bersama dan lomba menangkap bebek dan mentok di Sungai Opak pada sore hari. 

"Pesertanya bebas, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Yang penting bisa berenang, sehat, dan laki-laki karena sungainya dalamnya 2,5 meter," terang Asep. (AKF)

Comments