Tradisi Nyadran dan Semaan Al-Qur'an di Masjid Taqwa Wonokromo




BANTUL - Masjid Taqwa Wonokromo yang merupakan Masjid Pathok Negara Yogyakarta menyelenggarakan "Majelis Birrul Walidain: Semaan Alquran dan Nyadran" pada 22-23 April 2018.

Acara Semaan Al-Qur'an dilaksanakan habis subuh sekitar jam 5 pagi hingga malam hari. Acara yang diadakan setiap tahun sekali itu menghadirkan kurang lebih 30 orang hafiz Qur'an zuriah (keturunan) warga Wonokromo dari dalam dan luar Desa Wonokromo.

Setiap hafiz melantunkan satu juz dalam Al-Qur'an. Para hafiz yang sedang bertugas, duduk di serambi Masjid Taqwa.

Di depan hafiz, terdapat 10 meja untuk orang yang menyimak bacaan para hafiz. Satu meja bisa memuat dua orang.

Ketua Takmir Masjid Taqwa Wonokromo,
KH. Sudarman Masduki mengatakan, pihaknya bersyukur dapat menyelenggarakan acara tersebut setiap tahun.

"Kita bersyukur setiap tahun dapat menyelenggarakan Majelis Birrul Walidain (berbakti kepada orang tua) ini," ujarnya dalam sambutannya di serambi Masjid Taqwa Wonokromo, Ahad (22/4/2018).

Sudarman menerangkan, acara tahunan itu tersebut menandakan bahwa senang terhadap Al-Qur'an dan berbakti kepada orang tua. Dia melanjutkan, semuanya itu harus diniatkan beribadah kepada Allah SWT.

"Saya sebagai pengurus takmir, mengucapkan selamat datang bagi para hadirin. Semoga acaranya sukses," kata Sudarman.

Di malam hari, acara dilanjutkan dengan Pengajian Akbar dan Khotmil Quran. Pengajian Akbar diisi oleh KH. Syarif Rahmat. Hari Senin (23/4/2018) dilanjutkan acara puncak yakni Nyadran. (Arif K Fadholy) 

Foto-foto: Arif K Fadholy

Comments